Minggu, 03 November 2013

Tugas Sofskil


Bab 4. Manusia dan Cinta Kasih
A.PENGERTIAN CINTA KASIH
Menurut W.J.S Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka ( kepada ) atau (rasa) sayang ( kepada ), ataupun ( rasa ) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya.kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan.Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang ) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Walaupun cinta kasih mengandung arti hampir bersamaan,.Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya ;dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata. Demikian pila cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintah-Nya , dan berpegang teguh pada syariat-Nya. Dalam bukunya seni mencinta,
Erich Fromm menyebutkan bahwa cinta itu terutama memberi,bukan menerima.pada pengasuhan contoh yang paling menonjol adalah cinta seorang ibu pada anaknya ;bagaimana seorang ibu dengan rasa cinta kasihnya mengasuh anaknya dengan sepenu hati. Sedang dengan
tanggung jawab dalam arti benar adalah sesuatu tindakan yang sama sekali suka rela yang dalam kasus hubungan ibu dan anak bayinya menunjukkan penyenglenggaraan atas hubungan fisik.
Perhatian yang artinya memperhatikan bahwa pribadi lain itu hendaknya berkembang dan membuka diri sebagaimana adanya.
Pengenalan yang merupakan keiginan untuk mengetahui rahasia manusia,dengan unsur yaitu pengasuhan ,tanggung jawab, perhatian dan pengenalan ,suatu cinta dapat dibina secara lebih baik. Cinta menurut Dr Sarlito W.Sarwono cintra memiliki 3 unsur yaituketerikatan ,keintiman dan kemesraan .
Keterikatan adalah ada nya perasaan untuk hanya bersama dia , segala prioritas untuk dia , tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia.
Keintiman ,yaitu adanya kebiasaan – kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi.
Kemesraan , yaitu adanya rasa ingin membelai ayau atau dibelai ,rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu,adanya ucapan – ucapan yang mengugkapkan rasa sayang , dan seterusnya.
Menurut Dr Sarlito W.Sarwoono mengemukakan , bahwa semua unsur cinta itu sama kuatnya.Kadang – kadang ada yang keterikatannya sangat kuat ,tetapi keintiman atau atau kemesraannya kurang. Menurut Dr. Abdullah Naasib Ulwan ,dalam bukunya manajement cinta.Cinta adalah perasaan jiwa dan gejolak hati yang mewndorong seseorang untuk mencintai kasihnya dengan penuh gairah , lembut dan kasih sayang . Cinta adalah fitrah manusian yang murni, yang tak dapat terpisahkan dengan kehidupannya. Didalam kitab suci Al-qur’an, di temukan adanya fenomena cinta yang yang bersembunyi di dalam jiwa manusia.Cinta memiliki 3 tingkat :tinggi, menengah,dan rendah.
Cinta tingkat tinggi adalah cinta kepada ALLAH ,Rasulullah dan berjihad di jalan Allah
Cinta tingkat menengah cinta kepada orang tua,anak ,saudara,istri/suami dan kerabat.
Cinta tingkat rendah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga,kerabat,harta dan tempat tinggal. Cinta tingkat terendah adalah cinta yang paling keji , hina dan merusak rasa kemanusiaan.Karena itu ia adalah cinta rendahan . Bentuknya beraneka ragam misalnya :
  1. Cinta kepada thagut
  2. cinta berdasarkan hawa nafsu
  3. cinta yang lebih mengutamakan kecintaan kepada oarang tua,anak ,istri,perniagaan,dan tempat tinggal.
Hikmah cinta adalah sangat besar.Diantaranya hikmah-hikmah tersebut adalah :
  1. Sesungguhnya cinta itu adalah merupakan ujian yang berat dan pahit dalam kehidupan manusia , karena setiap cinta akan mengalami berbagai macam rintangan.
  2. bahwa fenomenna cinta yang telah melekat didalam jiwa manusia merupakan pendorong dan pembangkit yang besar di dalam melestrikan kehidupan lingkungan.
  3. Bahwa fenomena cinta merupakan faktor utama didalam kelanjutan hidup manusia,dalam kenal-mengenal antar mereka.
  4. fenomena cinta,jika diperhatikan merupakan pengikat yang paling kuat di dalam hubungan antar anggota keluarga, kerukunan bermasyarakatan ,mengasihi,sesama makhluk hidup,menegakkan keamanan,ketenraman dan keselamatan disegala penjuru bumi.
B. CINTA MENURUT AJARAN AGAMA Ada yang berpendapat bahwa etika cinta dapat dipahami dengan mudah tanpa dikaitkan dengan agama. Tetapi dalam kenyataan hidup manusia mendambakan tegaknya cinta dalam kehidupan ini.Berbagai bentuk cinta ini bisa kita dapatkan dalam kitab suci Al-qur’an.
  1. Cinta diri
  2. Cinta kepada sesama manusia
  3. Cinta seksual
  4. Cinta kebapakan
  5. Cinta kepada allah
  6. Cinta kepada Rasul
C.KASIH SAYANG Pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa indonesia karangan W.J.S Poerwadarminta adalah perasaan sayang , perasaan suka kepada seseorang. Mempengaruhi kehidupan si anak dalam masyarakat .dari cara pemberian cinta kasih ini dapat dipedakan :
  1. Orang tua bersifat aktif,si anak bersifat pasif
  2. Orang tuia bersifat pasif, si anak bersifat aktif
  3. Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat pasif
  4. Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat aktif
E.PEMUJAAN Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Tuhan adalah pencipta , tetapi tuhan juga penghacur segalanya, bila manusia mengabaikan segala perintahnya. F.BELAS KASIHAN Cinta agape ialah cinta manusia kepada Tuhan .Cinta Philia ialah cinta kepada ibu bapak ( orang tua ) dan saudara.Cinta eros/amor ialah cinta antara pria dan wanita.Beda cinta eros dan amor ini ialah cinta eros karena kodrat sebagai laki-laki dan prempuan , sedangkan cinta amor karena unsur-unsur yang sulit dinanar , misalnya gadis normal yang cantik mencintai dan mau dinikahi seorang pemuda yang kerdil.Dalam asai on love adapengertian bahwa cinta adalah rasa persatuan tanpa syarat a.Cara-cara menempuh belas kasihan Berbagai macam cara orang memberikan belas kasihan bergantung kepada situasi dan kondisi.Ada yang memberikan uang,barang,pakaian,minuman dan makanan.
G.CINTA KASIH EROTIS Cinta kasih kesaudaraan merupakan cinta kasih antara
Orang-orang yang sama – sama sebanding koma sedangkan cinta kasih ibu merupakan cinta kasih terhadap orang – orang yang lemah tanpa daya.Berlawanan dengan ke2 jenis cinta kasih tersebut ialah cinta kasih erotis ,yaitu kehausan akan penyatuan yang sempurna , akan penyaatuan dengan seseorang lainnya . Ciri-ciri eksklusif dalam cinta kasih erotis ini perlu dibicarakan lebih lanjut kerap kali ekslusivitas dalam cinta kasih erotis ini perlukan di artikan sebagai suatu ikatan hakmilik. Yang terpenting sesudah pernikahan itu dilangsungkan ialah bahwa perbuatan kemauan seharusnya menjamin kelangsungan cinta kasih .Dalam hubungan kita dengan orang-orang lain, paradoks itu juga berlaku. Dengan demikian maka ,bagi pandangan bahwa cinta kasih erotis merupakan atraksi individual belaka maupun pandangan bahwa cinta kasih erotis itu tidak lain dari pada perbuatan kemauan,kedua-duanya benar ,atau lebih tepat jika dikatakan bahwa tidak terdapat pada yang satu,juga tidak pada yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar